Bau Mulut Akibat Sinusitis

Bau Mulut Akibat Sinusitis – Walaupun bau mulut adalah urusan yang bukan penting namun dapat menyebabkan tidak percaya diri.

Kesehatan gigi dan mulut yang buruk merupakan salah satu penyebab baunya mulut. Mungkin untuk beberapa orang menganggap bau mulut merupakan hal yang sepele tetapi jika di biarkan akan mempengaruhi kesehatan yang lainnnya.

Bau Mulut Akibat Sinusitis

Bau Mulut Akibat Sinusitis

Sinusitus merupakan peradangan rongga sinus pada tulang – tulang wajah biasanya berisi udara, yang biasanya dapat di picu oleh bakteri, virus, jamur atau bisa disebabkan oleh alergi yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibat yang ditimbulkannya yaitu :

  1. Kurangnya oksigen, akibat tersumbatnya hidung sehingga menakibatkan kesulitan dalam bernafas.
  2. Penumpukan cairan dalam rongga sinus.
  3. Penurunan aktivitas serabut silia, yang berfungsi untuk membersihkan rongga sinus dan tempat yang baik untuk pertumbuhan kuman.
  4. Ganguuan jumlah dan kualitas cairan mukus ( cairan lengket dan tebal yang disekresikan oleh membran dan kelenjar mukosa ).

Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan sinusitis yaitu asma, kelainan anatomi pada rongga hidung, tumor dan polip nasal.

Tidak hanya di sebabkan oleh kesehatan gigi dan makanan bau mulut pun dapat di sebabkan oleh beberapa hal di bawah ini :

  1. Kurangnya menjaga kesehatan mulut, yang mengakibatkan sisa makanan menempel pada gigi dan akan membentuk plak yang merupakan tempat bakteri berkembang.
  2. Kebiasaan merokok, tidak hanya dapat menyebabkan kanker paru merokok juga dapat menciptakan noda pada gigi dan menyebabkan iritasi pada gusi.
  3. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang beraroma tajam, contohnya alkohol.
  4. Adanya pengaruh dari penyakit lain contohnya, akibat sinusitis yang tidak segera diobati dan diabetes.
  5. Alergi, selain hidung tersumbat dan gatal tenggorokan alergi pun dapat menyebabkan bau mulut.
  6. Efek dari menjalani diet, Ketika tubuh sedang kekurangan karbohidrat, secara alami tubuh akan memecah lemak setelah itu  terbentuklah bahan kimia yang disebut keton yang dapat menyebabkan bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut :

Semua orang pasti pernah merasakan bau mulut yang tak sedap, tentu saja hal itu dapat kita hindari dengan melakukan hal – hal berikut ini :

  1. Harus membatasi makanan yang dapat menyebabkan bau mulut, seperti bawang – bawangan.
  2. Cuci mulut dengan menggunakan obat kumur , hal ini berfungsi untuk menghilangkan partikel yang menempel pada gigi.
  3. Bersihkan lidah dengan menggunakan kerokan lidah untuk membersihkan sisa makanan dan bakteri yang menumpuk pada lidah.
  4. Menyikat gigi secara teratur minimal 2 kali sehari terutama setelah selesai makan.
  5. Menjaga kesehatan gusi, karena jika gusi kita rusak akan menyebabkan bau mulut.

Demikian informasi yang dapat di sampaikan tentang bau mulut akibat sinusitus. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami.

Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *