Cara Mengobati Sinusitis Dengan Minyak Kayu Putih

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Minyak Kayu Putih – Fakta baru membuktikan bahwa minyak kayu putih memiliki manfaat untuk meringankan gejala sinusitis. Namun apabila dilakukan secara rutin dan benar, bukan hanya meringankan gejala sinusitis tapi dapat membantu menyembuhkan sinusitis Anda.

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Minyak Kayu PutihMinyak kayu putih dihasilkan dari hasil penyulingan daun dan ranting kayu putih (M. leucadendra). Minyak kayu putih atau minyak atsiri ini dipakai sebagai minyak pengobatan, dapat dikonsumsi per oral (diminum) atau, lebih umum, dibalurkan ke bagian tubuh. Khasiatnya adalah sebagai penghangat tubuh, pelemas otot, dan mencegah perut kembung.

Minyak ini mengandung terutama eukaliptol (1,8-cineol) (komponen paling banyak, sekitar 60%), α-terpineol dan ester asetatnya, α-pinen, dan limonen.

Minyak kayu putih banyak menjadi komponen dalam berbagai salep dan campuran minyak penghangat. dan minyak kayu putih ini sangat mudah di dapatkan mulai dari apotik hingga warung-warung kecil juga selalu menyediakan berbagai macam merk.

Tata Cara Mengobati Sinusitis Dengan Minyak Kayu Putih Yang Benar

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki sifat disinfektan kuat ( senyawa kuat ). Apanila penggunaannya tidak tepat dapat beresiko iritasi pada kulit yang ditandai dengan timbulnya sensai terbakar pada kulit. Oleh sebab itu, mengobati sinusitis dengan minyak kayu putih ini harus dengan tata cara yang bernar dan tepat.

Berikut adalah beberapa cara mengobati sinusitis dengan minyak kayu putih yang tepat dan benar :

Pertama yaitu dengan menghirup uap minyak kayu putih dengan tujuan meredakan peradangan, membersihkan saluran pernafasan serta melegakan hidung tersumbat.

Caranya :

  • Ambil mangkuk yang telah anda isi air 3/4 dari kapasitas mangkuk tersebut.
  • Masukan beberapa tetes atau satu sendok minyak kayu putih.
  • Hadapkan wajah anda ke mangkung berisi air tersebut dengan kepala di tutup oleh handuk dari semua sisi.
  • Tutup mulut anda lalu hirup uap kayu putih selama 10 menit.

Kedua, yaitu dengan mengoleskan minyak kayu putih dengan tujuan untuk mengurangi ketidak nyamanan pada wajah serta komplikasi yang timbul akibat peradangan sinusitis.

Caranya :

  • Campurkan beberapa tetes munyak kayu putih dengan minyak zaitun atau minyak kelapa murni.
  • Terapkan atau oleskan pada daera yang merasa sakit atau bengkak seperti sakit kepala, pipi dan dahi.

Ketiga, yaitu dengan mengoleskan minyak kayu putih murri langsung pada daerah yang mengalami peradangan atau pembengkakan seperti pelipis, dahi, pipi dan lubang hidung serta daerah lain yang dekat dengan hidung tanpa campuran apapun.

Catatan : Cara yang ketiga ini hanya boleh dilakukan oleh orang yang memiliki kulit normal yakni tidak rentan terhadap infeksi sehingga tidak menimbulkan iritasi.

Baca Juga : Cara Mengobati Sinusitis Dengan Air Garam

Lakukan dengan rajin dan secara sungguh-sungguh, dan apabila gejala sinusitis tidak kunjung mereda segera temui dokter atau kunjungi layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *